Jumat, 27 Juli 2012

TIDAK SEKEDAR MEMUTAR KOMPETISI PROFESIONAL



“TIDAK SEKEDAR MEMUTAR KOMPETISI PROFESIONAL”
OLEH : M. ACHWANI
##Kita dibuat sedih ketika menyaksikan di layar TV pada hari Selasa tanggal 10 Mei 2011, Klub jagoan kita Arema begitu inferior ketika bertanding di arena Liga Champion Asia melawan Jeonbuk di kandangnya tampak menjadi bulan-bulanan dan dikalahkan dengan skor besar 6 gol tanpa balas.
##Kenapa bisa terjadi? padahal kita punya kompetisi berlabel profesional sama seperti di Korea Selatan, mestinya kita bisa menghasilkan Klub tangguh seperti Jeonbuk tetapi nyatanya belum. Ini disebabkan kompetisi Liga Super Indonesia penyelenggaraannya masih tertatih-tatih dan masih banyak mengalami berbagai kendala sehingga kesannya masih dalam taraf semi profesonal, berbeda dengan penyelenggaraan kompetisi di Korea Selatan yang telah memenuhi standar kompetisi seperti di negara-negara Eropa.
##Ketika kita melihat sarana fasilitas latihan maupun pertandingan yang dimiliki Klub Jeonbuk begitu lengkap dan modern serta dukungan finansial yang begitu besar, memiliki Pemain-Pemain berkualitas kemudian dibesarkan dalam sebuah kompetisi profesional berkelas yang nyaris tanpa kendala sehingga wajar jika Jeonbuk tumbuh menjadi Klub kuat. 
##Sudah  tentu bagi Klub di kita kondisi seperti itu masih menjadi impian, karena Klub disini umumnya belum memiliki sarana fasilitas maupun dukungan finansial memadai, kompetisi profesional belum bisa diputar sebagaimana mestinya karena masih banyak menemui kendala. Ini disebabkan belum mendapat dukungan memadai dari Pemerintah yang bisanya hanya melarang ini dan itu, belum ada kesadaran perusahaan-perusahaaan disini untuk menjadi sponsor Klub maupun kompetisi, Suporter masih sering membuat keributan, Pemain belum bisa meningkat kualitasnya begitu juga Pelatih, Ofisial, Panpel maupun Pengurus. Jadi untuk mengantarkan Klub berprestasi, maka Klub dan pelaksanaan kompetisi harus mendapat dukungan nyata banyak pihak bukan omdo baru bisa maju.
(abdiachwani@yahoo.com -1252011)     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar