Jumat, 27 Juli 2012

PERLU DIKETAHUI CALON PENJAGA GAWANG


PERLU DIKETAHUI CALON PENJAGA GAWANG
  1. Belajar mengamati situasi lapangan, terutama diseputar daerah gawangnya pada saat bermain sepakbola, baik pada saat berlatih maupun bertanding agar bisa pandai menduga atau memperkirakan arah kedatangan bola yang akan dilepaskan oleh lawan.
  2. Senantiasa berlatih menangkap bola, dengan kekuatan jari-jari tangan.
  3. Biasakan berlatih menangkap bola, dengan cara menjemput bola dan sekaligus menyergapnya.
  4. Belajar teknik menutup ruang tembak lawan, dengan cara maju menyongsong kearah lawan yang akan menendang bola.
  5. Disamping berlatih menangkap bola, juga harus berlatih memblok, menepis, mentip dan meninju bola.
  6. Berlatih menendang bola harus dilakukan dengan baik, agar bisa mahir mendistribusikan bola seperti seorang gelandang.
  7. Belajar membaca permainan perlu dilakukan dengan baik, agar bisa memudahkan didalam mementahkan serangan yang dilancarkan lawan kegawangnya, dengan cara ikut memberitahu kawan-kawannya tentang situasi lapangan yang dilihatnya dari belakang. Dan agar bisa pandai juga didalam membangun serangan balik yang tajam, dimana bola pertama  bermula dari tendangan Penjaga Gawang, jika dilihat menurut pengamatannya memang ada peluang.
  8. Sebagai Penjaga Gawang harus memiliki tanggung jawab yang besar, dengan bekerja keras didalam melaksanakan tugasnya, agar gawangnya tidak sering kebobolan.
  9. Keberanian bagi seorang Penjaga Gawang perlu pula dimiliki, terutama didalam upaya untuk mengatasi berbagai kesulitan dan bahaya diseputar daerah gawangnya.
  10. Agar disegani, maka setiap Penjaga Gawang harus juga memiliki keperibadian yang kuat.
(Dokumen SSBB/Catatan Boyke Adam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar